Universitas Tompotika Luwuk Banggai

untika.ac.id Luwuk- Dalam perkembangannya perguruan tinggi akan diperhasikan serta dinilai oleh lembaga yang bertugas memperingkatkan perguruan tinggi lokal maupun internasional dengan tujuan memberikan rekomendasi kepada masyarakat dalam memilih perguruan tinggi. Seperti EduRank, sebuah lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang berbasis metrik independen dari 14.131 universitas dari 183 negara.

Dilansir dari website edurank.org metode penghakiman yang mereka lakukan menggunakan basis data berpemilik dengan indeks 44.909.300 publikasi ilmiah, dan 1.237.541.960 kutipan untuk memeringkat universitas dalam 246 topik penelitian. Dalam pemeringkatan keseluruhan EduRank menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas alumni, selain itu mereka selalu menilai website resmi universitas untuk melihat informasi pendaftaran mahasiswa terbaru.

Berdasarkan data terakhir tahun 2022 salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang berbasis di Amerika Serikat yakni EduRank.org , kembali merilis daftar kampus terbaik di seluruh dunia dan Universitas Tompotika Luwuk Banggai masuk dalam daftar tersebut.

Laporan yang tertulis di website tersebut juga menjelaskan bahwa pada level Asia, Universitas Tompotika Luwuk Banggai berada di peringkat 5690 dan peringkat 527 di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Banggai sendiri, Universitas Tompotika Luwuk Banggai menempati peringkat ke 2. Hal ini tentu menunjukkan adanya perbaikan kualifikasi yang dilakukan Universitas Tompotika Luwuk Banggai seiring berjalannya waktu.

Universitas Tompotika yang selanjutnya disingkat UNTIKA adalah Lembaga Pendidikan Tinggi berkedudukan di Luwuk berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 47/D/O/2000, tanggal 25 April 2000 tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Tompotika Luwuk menjadi Universitas Tompotika Luwuk . Operasional penyelenggaraan pendidikan sejak penyerahan Surat Keputusan tersebut oleh Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi kepada Ketua Yayasan Pendidikan Tompotika Luwuk pada tanggal 24 Mei 2000 yang merupakan tanggal peresmian berdirinya Universitas Tompotika Luwuk.

Saat ini Universitas Tompotika Luwuk Banggai terdapat 7 Fakultas dan 13 Program Studi terakreditasi yakni :
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
– Bimbingan Dan Konseling
– Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
– Pendidikan Matematika
2. Fakultas Ekonomi
– Manajemen
– Ekonomi Pembangunan
3. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
– Ilmu Administrasi Negara
– Ilmu Pemerintahan
4. Fakultas Pertanian
– Agroteknologi
– Agribisnis
5. Fakultas Teknik
– Arsitektur
– Sipil
6. Fakultas Hukum
– Ilmu Hukum
7. Fakultas Kesehatan Masyarakat
– Kesehatan Masyarakat

error: Content is protected !!