SultimNews, LUWUK– Universitas Tompotika (Untika) Luwuk dibawah komando Plt Rektor Taufik Bidullah terus berbenah. Salah satunya, melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengisian Beban Kerja Dosen (BKD) melalui aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (Sister) di ruang pertemuan Untika, Jumat-Sabtu (22-23/10) pekan lalu.

Plt Rektor Untika Taufik Bidullah mengatakan, pelaporan BKD ini sudah menjadi ketentuan yang wajib dipenuhi oleh dosen. Dalam prosesnya, para dosen mengisi dalam bentuk pelaporan terkait pelaksanaan secara ril dari tanggung jawab sebagai dosen. Terutama dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Mulai dari penelitian, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

“Jadi BKD ini prinsipnya memuat kerja-kerja ril dosen ditiga disegmen. Apa yang dia lakukan selama satu semesteran. Tolok ukurnya berdasarkan beban SKS,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (23/10) pekan lalu.

Hanya saja, selama ini proses pelaporan masih menggunakan sistem manual. Dan ketika ada kebijakan baru yang mengharuskan proses pelaporan BKD harus online maka pihak Untika melaksanakan Bimtek. Sehingga, untuk menyukseskan bimtek tersebut pihaknya melakukan koordinasi dengan LLDikti wilayah XVI wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo. “Kemarin kita komunikasi dengan LLDikti, kita minta dibantu untuk pelaksanaan Bimtek. Mereka respon bagaus. Pematerinya pun dari mereka langsung,” bebernya.

Dalam prosesi bimtek tersebut, pemateri memberikan pemahaman tentang tatacara pengisian BKD melalui aplikasi Sister. Hal dilakukan, karena sudah harus ada perubahan praktis. Dan dosen Untika belum ada pengetahuan dan keterampilan terkait hal ini.

“Jadi semua dosen terutama bagi dosen yang sudah sertifikasi kita libatkan. Karena itu yang diwajibkan mengisi sister ini. Serta dosen yang sudah masuk ke data base calon penerima sertifikasi dosen,” terangnya.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini menambahkan, setelah Bimtek ini selesai, maka ditindak lanjuti dengan penyusunan BKD di Sister. Selama satu pekan kedepan pihaknya akan melaporkan BKD untuk semester genap tahun 2019-2020. Batas waktunya hingga 30 Oktober. “Makanya saya berharap ini bisa dipahami, punya keterampilan. Sehingga proses pelaporan bisa diselesaikan dengan waktu yang masih ada,” terangnya.

Selain itu, Taufik juga berharap, melalui Bimtek ini, bisa lebih menstimulasi dosen-dosen Untika untuk betul-betul professional secara berkelanjutan, berkualitas tri dharma perguruan tinggi sebagai tugas pokok dosen.

“Saya juga berharap kegiatan ini bisa memberi pengetahuan kepada dosen. Karena ini kepentingan Untika untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan aplikasi. Dosen lebih termotivasi untuk bekerja dengan baik, karena kita dituntut dengan ketentuan ini,” bebernya. (leb)

Sumber : https://sultimnews.info/2021/10/24/terus-berbenah-untika-luwuk-laksanakan-bimtek-pengisian-bkd-melalui-aplikasi-sister/

Terus Berbenah, Untika Luwuk Laksanakan Bimtek Pengisian BKD Melalui Aplikasi Sister

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *