Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Untika.ac.id,Luwuk- Universitas Tompotika Luwuk Banggai selenggarakan Wisuda sarjana baru program Strata Satu (S1) Angkatan XXIX dalam rapat senat terbuka luar biasa  yang berlangsung di Hotel Estrela Luwuk, pada Sabtu pekan kemarin, 24 September 2022.

Dalam sambutan Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah menyampaikan, momen ini merupakan hari istimewa bagi peserta wisudawan hingga orang tua.

“Ini juga menjadi momentum penting dan bersejarah bagi para wisudawan dan tentunya juga bagi kami,”ujar Rektor

Ia memaparkan, peran dari para pengelola maupun Dosen Untika Luwuk yang telah berusaha mengantarkan kelulusan wisudawan sebanyak 423 itu, terdiri dari berbagai bidang ilmu.

Adapun kelulusan mahasiswa sesuai bidang ilmu, diantaranya yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 92 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 22 orang, Fakultas Ekonomi 116 orang, kemudian Fakultas Hukum 61 orang, Fakultas Tehnik 31 orang serta Fakultas Pertanian 27 orang dan Fakultas Kesehatan Masyarakat sebanyak 74 orang.

Dengan jumlah tersebut, sambung Rektor, sampai dengan wisudawan angkatan ke XXIX tahun 2022 ini, Untika Luwuk berhasil menelorkan sarjana sebanyak 11.219 orang.

Hal itu tentunya, kata Rektor, menjadi kontribusi nyata bagi Untika Luwuk Banggai, dalam hal ini mampu menyiapkan dan melahirkan sumber daya manusia, yang harapanya diperlukan masa depan masyarakat, daerah dan negara yang lebih maju.

“Terlebih, masa depan masyarakat yang terus bergerak dinamis menuju kepastian hingga terciptanya masyarakat industri dengan nilai-nilainya yang intristik,”pungkasnya.

Rektor pula mengucapkan selamat kepada wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studi program sarjana di kampus Untika Luwuk tercinta ini.

“Kepada orang tua dan keluarga kami juga mengucapkan selamat berbahagia atas keberhasilan yang diraih oleh putra-putrinya,”ucapnya.

Disamping itu, Rektor berpesan  kepada wisudawan agar dapat menjaga citra dan nama besar Untika Luwuk di mana pun berada.

“Tunjukan kemampuan pengetahuan yang telah diperoleh pada setiap aktivitas pengabdian untuk kontribusi atas kemajuan pembangunan masyarakat, daerah bangsa dan negara dan Sebagai bagian keluarga besar Untika Luwuk tetaplah menjalin ‘Silaturahim’ agar kita terus bersama untuk bahu membahu berbakti dan bertranformasi serta menjadikan Untika Luwuk sebagai perguruan tinggi yang maju dan berdaya saing,”terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XVI, Drs.Irwan Halid menyebutkan bahwa untika adalaha salah satu kampus terbaik yang berada dibawah naungannya

“indikator sebagai universitas terbaik kata Irwan Halid, pertama 13 Prodi yang ada di untika didominasi oleh prodi yang berakreditas B, kemudian soal SDM Dosen yang cukup mumpuni dan tidak perlu diragukan lagi. Kapasitas Dosen S3 (Doktor) cukup banyak..

Ia juga turut menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan-wisudawati yang telah menyelesaikan studinya dan orang tua yang telah berjuang dan berharap kepada wisudawan-wisudawati agar meningkatkan kemampuan yang dimilki, sebab, kunci sukses  bukan karna semata-mata kalian kuliah di perguruan tinggi luar, bukan pula karna saudara lulusan cumlaude.

“Akan tetapi saudara harus memilik life skil, kejujuran, kepercayaan dan kerakter yang kuat sebagai generasi milenial,”bebernya.

Asisten II Setda Banggai, Ferlin Monggesang mengatakan, harapan pemerintah daerah, bahwa saudara-saudara yang baru diwisuda juga sebagai masyarakat intelektual diharapkan menjadi motivator dalam membangun Bangsa khususnya daerah Kabupaten Banggai.

“Karna hakikatnya manusia adalah mnembangun manusia Indonesia seutuhnya, itu, tentunya harus memiliki kecerdesan, intelektual, kecerdesan emosional dan kecerdasan spiritual,”jelasnya.

Dengan menjadi Sarjana, kata Ferlin, diharapkan mampu berkompettif  untuk menciptakan lapngan kerja yang baru sesuai latar belakang disipilin ilmu yang dimiliki oleh saudara sekalian.

Dengan begitu, kehadiran saudara ditengah masyarakat, senantiasa dapat dijadikan panutan yang teladan dan tempat untuk menciptakan gagasan serta kreatife dan inovastif dalam rangka mengantisipasi kompleksitas problematika sosial masyarakat yang terjadi.

Momen sakral dan penuh khidmat itu, turut dihadiri Kepala LLDIKTI Wilayah XVI, yang diwakili Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XVI Drs.Irwan Halid, Asisten II Setda Banggai Ferlin Monggesang, Wakil Rektor I Unismuh Luwuk Mustafa Abd.Rahim serta perwakilan Polres Banggai dan Kodim 1308 Luwuk Banggai hingga peserta tamu undangan lainnya.(admin)

error: Content is protected !!