Universitas Tompotika Luwuk Banggai

BANGGAI RAYA- Di bawah pimpinan Rektor Taufik Bidullah SE., M.Si., Universitas Tompotika (Untika) Luwuk terus menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak, demi kemajuan universitas. Kali ini, kampus biru menjalin kerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang ditandai dengan penandatanganan MoU, Sabtu 9 September 2023, di Makassar.

Sebelumnya, kerjasama serupa juga dilakukan Untika Luwuk dengan Institusi Pertanian Bogor (IPB). Kerjasama yang dijalin ini dalam rangka implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Salah satu program yang saat ini sudah dikerjasamakan dan sementara berlangsung yakni pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) mandiri. Kegiatan ini  juga merupakan bagian dari Aktivitas Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dimenangkan oleh Universitas Tompotika Luwuk. Pelaksanaan programnya dalam bentuk pengiriman mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di kampus biru untuk belajar di Universitas Hasanuddin Makassar selama satu semester.

Saat ini, sedikitnya tujuh mahasiswa Untika Luwuk mendapat kesempatan untuk mengikuti program pertukaran merdeka belajar di Unhas. Diketahui, dalam penandatanganan MoU itu dirangkaikan dengan disnatalis Unhas ke 67. Turut hadir Menteri Pertanian, Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan dan lainnya. Dari Untika Luwuk, Rektor Taufik Bidullah SE., M.Si., didampingi Ketua Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Untika Luwuk, Saipul Bachri S Lajiba, M.Pd.

Sebelum menandatangani MoU, Rektor Unhas Makassar,  Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc, memberikan sambutan. Ia menyampaikan berbagai capaian prestasi Unhas, termasuk dalam implementasi MBKM yang merupakan bagian kerja sama dengan kampus biru Untika Luwuk.

Sementara itu, Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., mengatakan kerja sama ini dilakukan dalam rangka untuk peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di kampus biru. Saat ini dalam pengajaran kata Rektor, ada tujuh mahasiswa Untika Luwuk melalui implementasi MBKM tengah mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa dengan menjalani perkuliahan di Unhas selama satu semester. Ia berharap, kerjasama ini bisa dilakukan dalam kegiatan lainnya kedepan, agar Untika Luwuk secara nyata bisa memenuhi indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

Kemudian, Ketua PKKM Untika Luwuk, Saipul Bachri S Lajiba, M.Pd., yang turut hadir mendampingi Rektor Taufik Bidullah SE., M.Si., berharap kerja sama yang dibangun ini bisa terus berkelanjutan. Tidak hanya sebatas pertukaran mahasiswa, tetapi juga bisa dalam aspek lainnya. “Seperti riset kolaboratif, praktisi mengajar. Apalagi Unhas merupakan perguruan tinggi terbaik satu dalam kegiatan praktisi mengajar,” kata Saipul. Kemudian, bisa juga menjalin kerjasama dengan program lainnya yang dapat menunjang Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga kampus biru Untika Luwuk bisa lebih maju dan menjadi terdepan. (*)

error: Content is protected !!